Selasa, 28 Januari 2014


PROFIL Al-QUDWAH ISLAMIC SCHOOL
Center of Excellence
Menawarkan system pendidikan kepesantrenan berbasis multimedia, ICT (Information & Communication Technology), Media (Broadcasting), dan kepemimpinan (Leadership)


MUQADDIMAH

Islam memandang pendidikan sebagai hal yang fundamental dalam membentuk peradaban masyarakat dan bangsa. Pendidikan merupakan proses penanaman sesuatu kedalam diri manusia. Proses penanaman adalah metode dan sistem untuk menanamkan apa yang disebut “pendidikan secara bertahap”, baik dalam pendidikan formal (sekolah) maupun non formal (luar sekolah).
Sesuatu mengacu pada kandungan yang ditanamkan, dalam hal ini perlunya nilai dan muatan yang didesain dengan kurikulum yang sesuai dan berdasarkan kebutuhan. Diri manusia adalah penerima proses kandungan itu, perumusannya sebagai suatu sistem harus mengambil model manusia sempurna didalam pribadi suci Nabi Muhammad SAW, dalam hal pengetahuan dan tindakan. Dalam pengertian ini pendidikan islam menghasilkan manusia yang mutunya sedekat mungkin meneladani Rasulullah SAW sesuai dengan kapasitas dan potensi pribadinya.

VISI 

Mencetak generasi yang berkepribadian islami, berpengetahuan Qurani, dan berwawasan interasional.

MISI
  • Membudayakan dan mengoptimalkan sistem pendidikan islam sebagai kompetensi inti (core competence) dalam pembentukan kepribadian dan peradaban islami.
  • Memadukan kurikulum (kognitif, afektif, psikomotorik, dan interpersonal skill) baik lokal, nasional maupun internasional yang berorientasi pada pembentukan pribadi muslim yang berjiwa pemimpin dan berwawasan internasional.
  • Menyelenggarakan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan yang sesuai dengan nilai-ilai Quran.
KARAKTERISTIK

Al-Qudwah Islamic Boarding School (AQIBS) dirancang dengan pradigma, konsep dan sistem pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakteristik unggulan:
  • Islami, dengan seluruh karakteristiknya sebagai agama rabbani, universal, integral, seimbang, permanen, dan fleksibel, serta realistik dan manusiawi.
  • Terpadu, baik dalam sistem pembelajaran maupun kurikulumnya. Keterpaduan (integration) diperlukan untuk menghilangkan dikotomi antara islam dan kehidupan, kepentingan ukhrawi dan duniawi, termasuk dalam memahami dan menghargai kemampuan anak didik khususnya dalam aspek kecerdasan.
  • Unggul, dengan bekal kompetensi, kemampuan, dan keterampilan hidup (life skills) yang diperlukan dan sangat kompetitif, sehingga siap bersaing dalam menghadapi tantangan kehidupan masa depan.
  • Internasional, dengan kompetensi dan wawasan Internasional sebagai antisipasi memasuki peraingan global khsusnya dalam meraih peluang melanjutkan di Universitas Internasional, baik sebagai seorang muslim, da’i, maupun sebagai seorang professional dan pemimpin masa depan.

KEUNGGULAN

  • Mampu berinteraksi dengan al-Quran dan Sunnah, sebagai dasar pembentukan kecerdasan spiritual (SQ), jiwa dan tanggung jawab kepemimpinan, karakter dan kepribadian islami.
  • Mampu berbahasa internasional (Arab dan Inggris) disamping bahasa nasional yang baik dan benar, sebagai alat komunikasi dan interaksi sosial penunjang kecerdasan intelektual (IQ), interpersonal dan emosional (EQ)
  • Menguasai sains dan teknologi khususnya information and communication technology (ICT), seni, broadcasting (TV & Radio) dan jurnalistik.
  • Memiliki kemampuan manajemen kewirausahaan (khususnya dalam bidang bisnis dan pertanian) baik teori maupun terapan sebagai bekal pengembangan aspek kecerdasan intelekual (IQ) dan emosional (EQ) untuk menjalani kehidupan anak didik yang mandiri di masa depan.
  • Memiliki kebiasaan (habit) untuk melakukan penelitian (research) dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya terbatas tugas sekolah, sebagai dasar pengembangan kemampuan berfikir kreatif dan inovatif.

KURIKULUM

1. Kurikulum Nasional

Agama, Pkn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan KtK (jenjang SDIT), fisika, Kimia, Biologi, Sosiologi, dan Antropologi (untuk jenjang SLTP dan SMU). Mata pelajaran mengikuti ketetapan pemerintah, dengan modifikasi sesuai kebutuhan, ditambahkan filsafat sejarah peradaban islam sesuai jenjang masing-masing. Khusus pelajaran agama, diletakan pada aspek psikomotorik (experiental learning) yang berhubungan dengan ibadah dan muamalah, untuk seluruh jenjang.

2. Kurikulum Lokal dan Internasional Berbasis Kompetensi 

  • Interaksi dan Tahfidzul Quran dan Sunnah yang didesain seefektif mungkin memanfaatkan masjid dan islamic center sebagai tempat belajar secara berkelompok (halaqoh, atau focus group learning). Masing-masing dimanage oleh seorang pembimbing, murobbi atau mentor.
  • Bahasa Arab dan Inggris, dititik tekankan pada kemampuan berkomunikasi dan interaksi sosial, ditambah dengan bekal analisa, interaksi budaya, dan pengembangan kemampuan berpikir kreatif.
  • Sains dan teknologi, seni, jurnalistik, dan broadcasting, untuk membentuk kompetensi keterampilan hidup (life skill).
  • Riset, untuk membangun kebiasaan (habit) dan menajamkan indera dalam mengamati dan melakukan penelitian di kehidupan sehari-hari. Kebiasaan ini penting untuk mendukung kreativitas siswa dalam mengembangkan dirinya.
3. Kurikulum Komplementer

Bertujuan membentuk self confidence dan kemampuan explore, antara lain: seminar, workshop, leadership managemen & skill training, magang, olahraga, kepanduan, out bound dan kegiatan lainnya.

4. Pola dan Sistem Pembelajaran

Menggunakan rasio 3:1, yaitu :
  • 3 (Tiga) pekan belajar secara indoor, bersifat teoritik, focus learning, riset dan praktek, selanjutnya diakhiri dengan ujian/evaluasi belajar .
  • 1 (Satu) pekan terakhir belajar untuk mengembangkan diri, life skill dan extrakurikuler lain dengan metode training, studi banding dan study tour, riset, magang (apprentice) dan student exhibition and show.
FASILITAS


Sarana dan prasarana AQIBS (Al-Qudwah Islamic Boarding School) terdiri dari bangunan asri yang dirancang secara terpadu, meliputi :
  • Masjid dan Islamic Center, sebagai pusat ibadah serta pembentukan karakter dan kepribadian islami.
  • Bangunan sekolah dan Asrama yang terdiri dari : Pusat Sumber Belajar (PSB) dan micro teaching room yang dilengkapi labolatorium sains dan teknologi berbasis multimedia, perpustakaan digital, ruang dan sarana pengembangan seni teater dan jurnalistik, broadcasting, dan ruang kelas yang dilengkapi dengan ruang kelas yang dilengkapi fasilitas information and Communication Technology (ICT)
  • Kamar Tidur dan ruang belajar berbasis multimedia (satu siswa satu komputer) yang dilengkapi dengan unlimitied internet dan intranet.
  • Ruang Administrasi yang terdiri dari ruang direktur sekolah, ruang guru, ruang administrasi dan TU.
  • Lapangan olahraga mini, untuk bulu tangkis, futsal, sarana outbond, taman, kantin, dan klinik.
  • Labolatorium perekonomian islam sebagai sarana pengembangan kewirausahaan (entrepreneurship).
TENAGA PENGAJAR

Sebagai penentu keberhasilan, tenaga pengajar adalah figur pendidikan ideal, mereka :
  • Memiliki visi dan misi tentang pendidikan, pembelajaran, serta masa depan anak didik dan pendidikan.
  • Berdedikasi tinggi dengan ketulusan dan keikhlasan yang arif dan bijaksana, serta mencintai profesinya sebagai pendidik.
  • Berkepribadian islami sebagai figur teladan bagi anak didik.
  • Kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas pengajaran dan pembelajaran.
  • Trampil dan berkompetens dalam bidang studinya.
Mentor (Instruktur dan Pembimbing),

Berfungsi mendukung sekolah dan guru menuju terbentuknya kepribadian islami dengan tugas dan fungsi :
  • Membangun wawasan da’wah dan tarbiah Islamiah.
  • Mengatasi masalah belajar siswa.
  • Meningkatkan keterampilan belajar dan prilaku siswa.
  • Membantu guru mengelola siswa.
  • Memantau dan melakukan evaluasi kepribadian dan moral siswa.
Psikolog.

Berfungsi sebagai tenaga dan upaya daya dukung untuk tugas dan fungsi :
  • Membangun wawasan psikopaedagogis.
  • Sebagai konsultan bagi guru dan orang tua dalam pengembangan pembelajaran.
  • Mengatasi masalah belajar siswa.
  • Membantu seleksi siswa dan guru.
  • Meningkatkan keterampilan mengajar guru, mentor dan belajar siswa.
  • Membantu guru mengelola siswa di kelas.
  • Memantau dan melakukan evaluasi kesehatan khususnya psikoogis siswa.

0 komentar:

Posting Komentar